"kasih,sukacita,damai sejahtera,kesabaran,kemurahan,kebaikan,kesetiaan,kelemahlembutan,dan penguasaan diri"

Senin, 23 Juli 2012

Pelayanan 5 (Lima) Jawatan


Pelayanan 5 Jawatan termasuk didalamnya adalah Rasul, Nabi, Guru, Penginjil, Gembala (lihat Efesus 4:11).
Dalam Tubuh Kristus terdiri atas tiga lapis pelayanan yaitu:

1.Imamat Rajani. Setiap orang percaya adalah imam dan raja, sehingga memiliki karunia, talenta dan fungsi yang penting demi penginjilan orang yang terhilang dan pembangunan Tubuh Kristus. Setiap orang percaya wajib aktif dan menggunakan apa yang diberikan oleh Tuhan kepadanya, (1Pet.2:9; 1Kor.12:7-11; Rom.12:3-6; Ef.4:16; Why.5:9-10).
2.Penatua menggembalakan, memimpin, mendewasakan dan mempersatukan jemaat lokal dengan memberi diri sebagai teladan pada jemaat lokal, (Kis.20:28; Tit.1:5-11; 1Pet.5:1-3).
3. 5 Jawatan melayani, membimbing, melatih, melengkapi dan mempersatukan jemaat Tubuh Kristus dari kota ke kota dan bangsa ke bangsa agar menjadi sempurna dalam Kristus, (Ef.4:11-15; Kol.1:25-29; 1Pet.1:1-7; 1Yoh.3:1-3).

 Tugas 5 Jawatan menurut Efesus 4:11-15 adalah :
1.Memperlengkapi orang-orang kudus bagi pekerjaan pelayanan – Ef.4:12
Bukan 5 Jawatan yang harus melakukan semua pelayanan, tetapi 5 Jawatan melayani agar setiap orang percaya diperlengkapi untuk melayani sesuai karunia, talenta dan panggilannya masing-masing. Siapa melakukan pelayanan? Imamat rajanilah yang melakukan pelayanan!
2.Pembangunan Tubuh Kristus – Ef.4:12
Sebagai pelayan-pelayan trans-lokal, 5 Jawatan membangun persatuan Tubuh Kristus seperti dalam Kemah Musa, di setiap dinding ada lima papan yang mengikat seluruh struktur dalam persatuan (Kel.26:26). 5 Jawatan menjadi penyambung dari kota ke pedalaman dan dari kota ke kota dan bangsa ke bangsa.
3.Pelayanan agar kita semua mencapai kesatuan iman – Ef.4:13
Ini menunjukkan bahwa pelayanan 5 Jawatan sangat diperlukan masa kini. Tanpa pelayanan ini, akan terjadi banyak perpecahan iman dan doktrin-doktrin yang salah dari Firman Tuhan. Peranan 5 Jawatan adalah membawa Tubuh Kristus ke dalam kesatuan dasar iman, visi dan arah jemaat. Paulus menasihatkan agar, “berusahalah memelihara kesatuan Roh oleh ikatan damai sejahtera ... sampai kita semua telah mencapai kesatuan iman,” Ef.4:3,13. Ini sama dengan doa Yesus dalam Yoh.17:20-23 agar dunia percaya. Jadi, kita memerlukan pelayanan 5 Jawatan dipulihkan dan operasional dalam Tubuh Kristus.
4.Keserupaan dengan Kristus – Ef.4:13
Inti dari maksud abadi Allah adalah kita menjadi serupa dengan gambar Kristus. Itulah rahasia Allah yang dinyatakan kepada kita, Kol.1:25-29. Kita diciptakan menurut gambar dan rupa Allah, Kej.1:26-28. Bila Kristus kembali untuk kedua kalinya, kita menjadi seperti Yesus, 1Yoh.3:1-3. Pelayanan ini membawa visi dan melengkapi Tubuh Kristus agar kita mencapai kesempurnaan. Jadi, kita akan menyaksikan kuasa, urapan dan mukjizat Kristus digenapi sepenuhnya, sesuai dengan Yoh.14:12; Rom.8:29.
5.Membatalkan dampak pengajaran palsu – Ef.4:14
5 Jawatan melindungi Tubuh Kristus terhadap kelicikan penyesat-penyesat dan pengajaran palsu yang mempermainkan jemaat. Jika jemaat sudah dewasa, maka mereka akan bebas dari pengaruh penyesat atau disesatkan, 2Tes.2:10. 5 Jawatan menganalisa pengajaran-pengajaran baru dan mempersiapkan jawaban untuk membatalkan dampaknya, jika doktrin itu ternyata menyimpang dari kebenaran Firman Tuhan.
6.Pertumbuhan ke arah Kristus – Ef.4:15
5 Jawatan melayani jemaat agar bertumbuh ke arah Kristus. Yesus menjadi fokus pelayanan kita, “Kristus ada di tengah-tengah kamu, Kristus yang adalah pengharapan akan kemuliaan! Dialah yang kami beritakan, apabila tiap-tiap orang kami nasihati dan tiap-tiap orang kami ajari dalam segala hikmat, untuk memimpin tiap-tiap orang kepada kesempurnaan dalam Kristus,” Kol.1:27-28. Roh Kudus menuntun kita untuk menjadi serupa Kristus, 2Kor.3:18.

0 komentar:

Posting Komentar

kasih dan sukacita Copyright © 2011 | Template created by O Pregador | Powered by Blogger